Film,

OZ: The Great and Powerful

23.02 Lailiya Nur Rokhman 0 Comments

Baru aja kelar nonton film OZ: Great and Powerful. . . So, saatnya review film yang barusan ditonton.
Btw, makasih buat Angga yang udah mau nemenin nonton. . . although, i know if you bored with that film, because it's not your favorite genre. . . hahaha
Tapi, kali ini aku tidak akan mengomentari alur ceritanya, tapi lebih pada gimana sih film ini. . .;)

Berikut data-data Film "Oz The Great and Powerful" :

  • Sutradara : Sam Raimi (Sutradara trilogi Spider-man)
  • Produser : Joe Roth (produser Alice in Wonderland)
  • Penulis Naskah : Mitchell Kapner, David Lindsay-Abaire
  • Pemain : James Franco, Mila Kunis, Rachel Weisz, Michelle Williams, Zach Braff, Bill Cobbs, Joey King
  • Distribusi : Walt Disney Pictures
  • Genre : Petualangan, Fantasi
  • Durasi : 130 menit
  • Tanggal Rilis : 8 Maret 2013


Sedikit Review jalan ceritanya yaaa. . .

Film "Oz: The Great and Powerfulini nyeritain tentang 'penyihir gadungan' dari sirkus keliling di Kansas, Amerika Serikat bernama Oscar Diggs (James Franco) atau biasa dipanggil Oz yang kabur dari sirkusnya karena mempermainin cewek sirkus. Tapi belum lama dia naek balon udara, gak disangka balon yang ditumpanginya itu kejebak di pusaran tornado dan ngancam jiwa Oz. Nah pas badai topan itu Oz mengucapkan nazar kalau dirinya selamat dari bencana tersebut ia akan berbuat baik dan berguna bagi orang lain.. . . 
balon udara Oz kena badai topan. . .
Oiya, sebelum dia kabur dari sirkusnya, dia ditemuin sama pacarnya, Annie . Pacarnya di Kansas ini mengatakan akan menikahi seorang petani Kansas bermarga Gale. Oz pun patah hati tapi tetep aja dia gak bisa ngilangin sifat playboynya .
*back to tornado*
Harapan Oz akhirnya terkabul pas yang secara tak sengaja dia terdampar di negerinya Alice in wonderland *gak ding*, maksudnya di sebuah dunia yang penuh keajaiban bernama OZ. Di dunia barunya tersebut, Oscar mengaku sebagai seorang penyihir hebat dan merasa sudah meraih kesuksesan dan keberuntungan.
Oz pertama kali ketemu Theodora
Disana ia berjumpa dengan penyihir Theodora (Mila Kunis), yang menganggap kalau Oz adalah juru selamat kerajaan Emerald dari teror penyihir jahat. Melihat paras cantik Theodora, Oz pun mulai memainkan ilmu gombalnya. Dan tak membutuhkan waktu lama, Oz berhasil menggaet hati Theodora yang sangat serius untuk menjadi pendampingnya. Namun sang kakak, Evanora (Rachel Weisz) berusaha mempermainkan hati Theodora sekaligus menghasutnya untuk membenci saudara kandungnya Glinda (Michelle Williams) yang dianggap sebagai musuh besarnya.
ki-ka: Theodora, Glinda, Evanora
Saat ketemu Glinda, Oz jadi terpana karena wajah Glinda mirip dengan pacar yang dia cintai.
*aku aja baru nyadar pas Angga bilang* hahaha #dudul
Glinda yang ternyata mirip sama Annie
Larut dalam masalah yang terjadi di Oz dan penduduknya, Oscar harus tahu mana kawan dan lawan. Menggunakan ilmu ilusi dan kecerdikannya, Oscar mengubah dirinya menjadi "Wizard of Oz" yang besar dan kuat, dan juga menjadi pria yang lebih baik. Oz sadar bahwa jika dia mau berubah, maka segalanya mungkin terjadi.
Theodora yang dirubah jahat sama kakaknya sendiri
Favorit Quotes in this film: "Jika kamu memiliki tekad, maka tidak ada yang tidak mungkin terjadi". -Oscar Diggs a.k.a Oz- 
-----

Disini kita bakalan dipermainin untuk nentuin mana sebenernya penyihir jahat, mana sebenernya yang baik. Awalnya kita bakalan ketipu karena sajian visual yang sangat baik sehingga bikin orang-orang ngerasa "oh cuma gitu aja". Padahal ada kejutan lain dibalik semua itu.
Ini adegan pas Oz baru nyampek di Emerald Kingdom. .
Kalau dari segi gambar, kualitas Sam Raimi yang sukses ngegarap trilogi Spider-man ini gak diraguin lagi deh. Di film ini juga kita ngerasain perbedaan saat Oz waktu masih di Kansas n pas udah pindah ke negeri Oz. *pas di Kansas, gambar dibuat semacam efek sepia semi hitam putih gitu*. Efek-efek yang dimunculin pun bikin kita bener-bener dibawa ke dunia fantasi looh. Tapi disini, meskipun dunia fantasi, dia tetap memunculkan bagaimana teknologi itu tercipta. 
Yaaaa meskipun sederhana menurut kita, kayak munculnya kembang api, terus semacem proyektor gede *aku lupa namanya apa* yang bikin Oz kayak arwah gentayangan. Meskipun disitu kelihatan aneh sih kenapa penyihir takut sama hantu. . . hehehe
Nih Emerald Kingdom. . .
Disini, kita akan ngeliat perubahan karakter Oz dari seorang pecundang, egois, menjadi pahlawan ditengah dunia yang dikuasai penyihir jahat. Karakter ini yang bikin film ini makin menarik. Meskipun pada bagian ending, 2 penyihir jahat itu cuma dibuang aja, bukannya kalah meninggal. :3
Disini Oz gak digambarin sebagai sosok yang punya kekuatan khusus, perkasa atau rela berkorban. Tapi gejolak jiwa Oz untuk menyelamatkan rakyat atau ngambil keuntungan justru yang jadi kejutan dan taktik, karena kita gak tau gimana selanjutnya. Ditambah lagi dengan sikap sakit hati yang digambarin sama karakter Theodora dan ketidakakuran dengan sesama saudara kandungnya, bikin penonton bertanya-tanya siapa sebenernya yang jahat.
Cuman sayang, Franco sebagai Oz semacem gak ikhlas gitu main film macam ginian. Senyumnya loo kelihatan dipaksain, trus saat berakting dengan karakter hasil kreasi CGI tatapannya seperti kosong.
Kalian bisa nilai gimana ekspresi Oz disini. . .
Yang bikin seru sih aksi Monyet yang mengabdi sama Oz, terus gadis keramik yang centil and sok tau tapi justru dia kunci selamatnya, sama Knuck *ini yang paling aku hafal karena namanya lucu* yang sukses bikin 1 studio tadi ketawa-tawa.

Yaaaaah walaupun gak sehebat  The Wizard of Oz (1939) yang aku dapet filmnya, tapi aku acungin 2 jempol buat nih film. . .

*sumber gambar: https://www.facebook.com/OzTheGreatAndPowerful dan beberapa koleksi pribadi*

You Might Also Like

0 komentar:

Kirimkan ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz