Kuliah

Perencanaan Kreatif Iklan

19.14 Lailiya Nur Rokhman 0 Comments

Awal semester 5 dimulai. . . .
:D

Kali ini aku mw post sedikit materi dari matkul Perencanaan Kreatif Iklan. *pengampunya dosen cantik Bu Nufian* hihihi
sedikit flashback ttg iklan yaa dan langsung masuk gimana kreatif iklan itu. . .

Konsep iklan itu musti kreatif dan menjual yang jelas. . hehehe

Iklan, secara definitif dapat diartikan sebagai : KITAB ETIKA PARIWARA INDONESIA
Iklan adalah pesan komunikasi pemasaran tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Iklan adalah kandungan utama dari manajemen promosi yang menggunakan ruang media berbayar (televisi, radio, surat kabar, majalah) guna menyampaikan pesan (Aitchison, 2005:15).
Iklan tidak hanya dipakai sebagai alat untuk mengkomunikasikan pemasaran barang dan jasa, tetapi juga ide atau gagasan.
Bagaimana mengiklankan ide?
Pada dasarnya sama saja dengan mengiklankan barang atau jasa. Iklan harus mempertemukan wilayah tumpang tindih (overlap) antar manfaat ide tersebut dengan kebutuhan target. Wilayah itulah yang kemudian dengan kreatif diangkat sebagai inti pesan.
Di belakang setiap iklan yang baik terdapat sebuah konsep kreatif, sebuah gagasan besar yang membuat pesannya menjadi berbeda, merebut perhatian, dan mudah diingat. Gagasan  untuk secara sadar melupakan pekerjaan dan membiarkan pikiran bawah sadar merenungkan gagasan-gagasan adalah khas dalam proses penulisan kreatif.


- Ide adalah apa saja yang terlintas dalam pikiran kita pada saat kita mencari suatu solusi.
- modal utama bagi para insan kreatif dalam mencari solusi untuk masalah pesan komunikasi yang dihadapinya.
- Ide dapat mengubah sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang kompleks, sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, yang bagus menjadi sangat indah.
- Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran.
- Ide yang sudah dinyatakan menjadi suatu perbuatan adalah  karya cipta

Iklan kreatif itu efektif asal pesan dikemas dengan cerdas sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar, tapi yang juga mampu mengusung posisi produk (What to say) karena sasaran anda di antara beribu pesan iklan.
Dalam komunikasi pemasaran, termasuk iklan, yang disebut kreatif adalah yang unik, komunikatif, tetapi juga yang sekaligus menjual.
Semata-mata unik itu pekerjaan seniman. Kreatif dan menjual bukan dua hal yang bisa dipisah-pisahkan.

You Might Also Like

0 komentar:

Kirimkan ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Twitter
Berbagi ke Facebook
Berbagi ke Google Buzz